Artikel

Guru SMKN 1 Jerowaru Tingkatkan Kompetensi dengan Mengikuti Kegiatan Upskilling Core Pariwisata di Puri Saron Hotel Senggigi

Tim Media (Kamis 04/01/2024) – Dua guru dari SMKN 1 Jerowaru, yakni Rony Hidayatullah Guru UPW dan Doni Argian Okta Guru Tata Boga , telah mengikuti kegiatan upskilling di bidang Core Pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (DIKBUD NTB). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29 November hingga 1 Desember 2023 di Puri Saron Hotel, Senggigi.
Kegiatan upskilling ini merupakan bagian dari upaya DIKBUD NTB untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik yang terlibat dalam pembelajaran di bidang pariwisata. Dengan lokasi yang strategis di Puri Saron Hotel Senggigi, para peserta dapat merasakan langsung atmosfer pariwisata yang menjadi daya tarik utama di daerah tersebut.

Bapak Rony Hidayatullah, guru Pariwisata di SMKN 1 Jerowaru, menyampaikan kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan mengajar di bidang pariwisata. “Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk memperdalam pengetahuan kami tentang aspek-aspek terkini dalam industri pariwisata,” ujarnya.

Selama kegiatan upskilling, para guru mengikuti berbagai sesi presentasi, lokakarya, dan diskusi yang dipandu oleh para ahli dan praktisi pariwisata terkemuka. Materi yang disampaikan mencakup tren terbaru dalam industri pariwisata, pengelolaan destinasi, promosi pariwisata digital, serta strategi pemasaran yang efektif, acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi NTB H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd

Kegiatan di selengegaran selmaa 3 hari tersebutdi isi dengan materi Airline Fares dan Reservasi tiket, Guiding dan Tour planning padakejuaruan Usaha Layanan Wisata dengan pematri ibu seri dosen pengampu mata kuliah industry tourism di STP Mataram. Sedangkan di bidang Tata Boga materi di upskiling di isi dengan Pengenalan dunia industry di bidang kuliner dengan materi food cost dll.

Kegiatan juga di isi dengan tanya jawab antara para peserta upskiling dengan pihak dikbud NTB, pada sesi ini juga para pesrta yang notabenenya para guru di bidang pariwisata mengukapkan pendapat dan pemikiranya kedepan untuk pariwisata di NTB.

Selain memperoleh pengetahuan baru, di harapkan para guru yang mengikuti upskiling juga mendapatkan kesempatan untuk membangun jaringan dengan para profesional dan sesama pendidik dari berbagai daerah. Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat lebih lanjut bagi pengembangan program pendidikan pariwisata di SMKN 1 Jerowaru.

Kepala Sekolah SMKN 1 Jerowaru, Azany MM di komfirmasi lewat WhatsApp oleh Tim Media, menyampaikan apresiasi atas partisipasi guru-guru dalam kegiatan upskilling ini. “Kami yakin bahwa peningkatan kompetensi ini akan berdampak positif pada kualitas pendidikan di SMKN 1 Jerowaru, khususnya di bidang pariwisata yang menjadi fokus sekolah kami,” ungkapnya.
Kegiatan upskilling ini menjadi contoh nyata bagaimana tenaga pendidik di SMKN 1 Jerowaru terus berusaha mengembangkan diri untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri, termasuk dalam sektor pariwisata yang terus berkembang di Indonesia.

Leave a Reply