Artikel

SMKN 1 Jerowaru dan Puskesmas Sukaraja Tetap Komitmen dalam Menuntaskan Stunting

Tim Media (09/12/2023)Β – Dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, SMKN 1 Jerowaru dan Puskesmas Sukaraja terus memperkuat komitmennya dalam menuntaskan stanting di wilayah mereka. Kerjasama erat antara sekolah dan puskesmas ini memberikan dampak positif yang signifikan dalam penanganan dan pencegahan stanting di sekitar Jerowaru.

Kepala SMKN 1 Jerowaru, Bapak Azany MM, mengungkapkan, “Kesehatan masyarakat merupakan prioritas utama, dan kami sebagai lembaga pendidikan merasa tanggung jawab untuk ikut serta dalam upaya pencegahan penyakit stanting. Siswa-siswi kami secara aktif terlibat dalam kampanye penyuluhan dan kegiatan-kegiatan sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.”

Puskesmas Sukaraja, sebagai mitra strategis dalam inisiatif ini, juga berperan penting dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Dr. Anisa, Kepala Puskesmas Sukaraja, menyampaikan, “Kami bekerja sama dengan SMKN 1 Jerowaru untuk menyelenggarakan program-program edukasi dan pemeriksaan kesehatan secara rutin di sekolah. Langkah-langkah preventif ini membantu mengurangi angka kasus stanting di wilayah ini.”

Upaya bersama antara SMKN 1 Jerowaru dan Puskesmas Sukaraja mencakup kegiatan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan gratis, serta distribusi material edukatif tentang stanting. Selain itu, mereka juga melibatkan siswa-siswi dalam aksi sosial seperti membersihkan lingkungan sekolah dan melakukan kegiatan bakti sosial di masyarakat sekitar.

Menyadari bahwa kolaborasi ini memberikan manfaat positif, kedua pihak berencana untuk terus memperkuat program-program tersebut dan melibatkan lebih banyak pihak di masyarakat. Dengan sinergi antara pendidikan dan pelayanan kesehatan, diharapkan penanganan stanting dapat lebih efektif dan berkelanjutan.

Semangat dan dedikasi SMKN 1 Jerowaru dan Puskesmas Sukaraja dalam menuntaskan stanting menjadi contoh bagi institusi pendidikan dan layanan kesehatan lainnya untuk bersama-sama berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan tangguh.

 

Leave a Reply